Rahasia Agressive Marketing Roti Aoka yang Hadir di Hampir Semua Toko Kelontong

3 mins
Creative
Marketing Theory

Roti Aoka mengguncang dunia roti Indonesia dengan strategi “aggressive marketing” mereka.

Memang harganya gak sampai 5 ribu, tapi hampir semua toko kelontong ada. Roti Aoka ini termasuk pendatang baru, bahkan umurnya masih muda dibanding Sari Roti, Ramayana ataupun roti kemasan lainnya.

Kita coba bedah apa strategi yang bikin roti Aoka ini sukses. Mari kita belajar bersama!

Distribusi roti Aoka

1. Massive Distribution

Beberapa hal yang menjadi sorotan utama dalam strategi massive distribution adalah sebaran wilayah yang luas untuk menguasai teritorial market share. Cara-cara ini memang sering dilakukan oleh usaha yang menyediakan konsumsi sehari-hari atau barang-barang sejenis Fast Moving Consumer Goods (FMCG).

Salah satu faktor kenapa Aoka bisa viral karena distribusi nya yang masif banget. Meskipun tergolong pemain baru, tapi sales nya udah masuk di berbagai toko kelontong di Indonesia.

Apalagi di pulau Jawa, distribusinya merata karena pabriknya yang terletak di Jawa Barat.

Karena target market nya menengah bawah, tentu mereka belum masuk ke retail minimarket besar. Tapi bukan gak mungkin mereka coba perluas pasarnya ke retail yang lebih besar dibanding toko kelontong.

2. Worth Pricing

Bayangin aja, harga 2-4 ribu per pcs udah dapet roti selai berbagai rasa. Dengan harga segitu, murah banget kalau dibandingin harga bahan pokok sekarang.

Inilah yang membuat Aoka laris manis di pasaran. Apalagi rasa yang cukup oke bikin produknya makin diminati banyak kalangan.

3. Low Cost

Sebenarnya produk Aoka ini sederhana, roti 2 lapis dengan isi selai. Begitu juga dengan packaging yang juga sederhana.

Dengan demikian, mereka bisa menekan cost lebih rendah dan berdampak ke pricing yang murah juga. Untuk sementara ini, Aoka ini memang ga punya banyak value dibanding kompetitor nya. Hanya satu value nya, yaitu harga.

Belum ada kompetitor yang punya harga serendah ini, dengan ukuran yang sama. Apalagi ini hitungannya brand skala nasional.

Teman Belajar bisa mengulik beberapa artikel tentang studi kasus marketing di website Belajarlagi.id dan X @BelajarlagiHQ ya! Kalau kamu ingin memperdalam ilmu digital marketing, kamu bisa juga daftarkan diri kamu di kelas umum dan kelas spesialisasi digital marketing di BelajarlagiHQ. Sampai jumpa di kelas, ya!

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.