Point Coffee Indomaret: Ketika Minimarket Collab sama Racikan Kopi yang Enak

2 mins read
Sales
Marketing Theory

Strategi yang tepat buat Point Coffee menggandeng Indomaret sebagai operator coffee shop nya. Sales doi makin meningkat & terus memperluas pasar nya sampe ke kota kecil di Indonesia. Ide utama dari point coffee adalah menyajikan kopi enak dengan harga yang terjangkau, sehingga bisa dinikmati semua kalangan. Selain menunya yang enak karena sudah diuji coba sama ahlinya per-kopi-an Indonesia yaitu Hendri Kurniawan,  ada faktor lainnya yang mendukung kesuksesan Point Coffee di mata masyarakat. Minjar analisis 4 strategi sukses Point Coffee saingan sama brand kopi lokal lainnya.

Kita simak bareng-bareng, yuk!

1. Konsep Grab & Go 

Ga banyak menu yang disajikan karena doi fokus sama fast serve & simple dibawa pulang. Konsepnya cafe yang bisa dinikmati sekali duduk, bukan buat nongkrong. Ini kenapa beberapa outlet nyediain kursi yang terbatas & produknya pake packaging yang sekali pakai.

2. Place Strategy 

Minjar coba analisis pake 3 basic place strategy yaitu Intensive, Selective, Exclusive. Intensive, membuka outlet sebanyak mungkin agar menjangkau pasar. Point Coffee meningkatkan outlet mereka ke banyak pinggiran kota/rest area.

Selektif, memilih tempat strategis buat dijadiin outlet. Keputusan tepat gandeng Indomaret karena minimarket punya store visit yang tinggi. Exclusive, nempatin outlet di satu tempat biar terlihat berkualitas. Doi cuman kerjasama dengan Indomaret bahkan dijadiin private label nya.

3. Product Quality Oriented 

Value yang diunggulkan doi adalah menggunakan 100 persen kopi berkualitas asli Indonesia. Selain itu, produk mereka selalu fresh dibuat saat ada yang order. Beberapa review bilang ini salah satu fresh drink worth it yang gampang ditemui.

4. Product Differentiation

Saingan sama Kopi Kenangan dan kedai kopi lainnya, Point Coffee emang ga punya diferensiasi yang signifikan. Tapi placement outlet yang strategis jadi value mereka. Selain itu, konsep Grab & Go nya diharapkan ngasih solusi buat konsumen yang gamau ribet beli fresh drink.

Teman Belajar bisa juga loh mengintip lebih banyak lagi ulasan mengenai digital marketing dan studi-studi kasus lainnya di website belajarlagi.id dan twitter @belajarlagiHQ

Kalau kamu ingin lebih intensif mempelajarinya lagi, yuk segera daftarkan diri kamu di kelas umum maupun kelas spesialisasi digital marketing di BelajarlagiHQ! Sampai jumpa di kelas!

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.