Misteri Sosok Bapak di Kemasan Kaleng Khong Guan

Teman Belajar, familiar banget nggak sih dengan gambar kemasan kaleng biskuit Khong Guan? Usut punya usut, kemasan ini emang udah lama banget enggak diganti oleh Khong Guan. 

Ternyata nih, Teman Belajar, hal ini bukan tidak sengaja. Khong Guan mencoba bermain "easter egg marketing" atau pesan marketing tersembunyi dalam gambar legendaris di kemasan Khong Guan. Hal itu ditujukan agar orang tetap penasaran di mana bapak dari keluarga di foto ini.

Kok bisa gitu? Yuk kita bahas!

Teman Belajar tahu nggak, produk biskuit legendaris yanga da sejak 1947 ini telah melekat di pikiran masyarakat Indonesia. Biskuit ini juga identik dengan momentum setahun sekali yaitu lebaran.

Selain kelezatan rasanya, Khong Guan juga memiliki daya tarik tersendiri karena kemasan kalengnya yang unik. Mereka menampilkan foto keluarga tanpa sosok bapak di kemasan kalengnya itu. Oleh karenanya, ini mengundang misteri kemana sosok bapak di dalam keluarga itu di tengah-tengah masyarakat.

Naah, 'misteri kemana bapak di kaleng' ini merupakan bagian dari easter egg marketing yang dilakukan Khong Guan.

Sementara, easter egg marketing sendiri adalah teknik marketing dengan menampilkan pesan tersembunyi. Dengan memberikan easter egg marketing, diharapkan masyarakat terus memperbincangkan apa yang menjadi pesan tersembunyi dan menimbulkan kesan positif di tengah konsumennya.

Teman Belajar pasti sudah sering mendengarkan cerita dengan berbagai versi yang berbeda-beda tentang 'misteri bapak'. Hal ini yang kemudian membuat konsumen terus bertanya-tanya, hingga akhirnya brand terus dibicarakan banyak orang.

Itulah yang mungkin menjadi alasan mengapa Khong Guan belum mengganti gambar di kemasan kalengnya selama bertahun tahun. Jika memang demikian, strategi ini cukup efektif lho, Teman Belajar!

Sebab, Khong Guan sendiri sampai saat ini masih jadi salah satu brand kue atau biskuit yang populer di Indonesia. Bahkan di saat usianya telah 75 tahun.

Branding yang efektif dikombinasikan dengan kualitas produk yang bagus, membuat brand berada di top of mind konsumennya. Kalau menurut Teman Belajar, kira-kira di mana sih sebenarnya sosok bapak di gambar kemasan kaleng Khong Guan ini?

Seru banget kan insight tentang dunia marketing kali ini? Teman Belajar boleh juga loh kulik insight-insight menarik lainnya di website belajarlagi.id dan juga di Twitter @belajarlagiHQ.

Kalau kamu masih ingin memperdalam lebih lanjut tentang ilmu-ilmu digital marketing, Teman Belajar bisa daftarin diri di kelas-kelas digital marketing yang tersedia di BelajarlagiHQ! Sampai jumpa di kelas!