Mengenal Goal Gradient Effect yang Bikin Kita Ingin Terus Pantengin Hape

Perut keroncongan nih pas jam makan siang. Bagi yang tak ada waktu untuk masak, nge-GoFood atau buka aplikasi makanan layanan antar memang menjadi salah satu solusi yang ciamik. Nasi padang di siang hari sepertinya menjadi menu yang cocok untuk kita beli di GoFood. Tinggal klik-klik, tunggu deh Abang Driver anterin sampe depan pintu.

Eits, tapi kok Abangnya enggak sampai-sampai ya? Kira-kira sampai mana nih Abangnya? Nah, kalau sudah demikian, biasanya kita refleks untuk membuka aplikasi untuk melihat titik dan posisi sii-Abang Driver di maps. Ternyata, perilaku kita ini merupakan sebuah bentuk strategi penjualan secara psikologi bernama "Goal Gradient Effect". Wah, baru tahu kan, Teman Belajar?

Goal gradient effect ini adalah kondisi dimana ketika kita jadi lebih semangat dan termotivasi saat sesuatu yang kita tunggu-tunggu sedikit lagi bisa kita dapatkan. Teori ini diciptakan oleh seorang psikolog Amerika Serikat Clark Hull. Dia melakukan penelitian terhadap seekor tikus yang ternyata lari lebih cepat ketika makanan sudah dekat dengannya, dibanding saat di awal ia berlari. 

Teori ini juga berlaku ketika kita sedang memesan makanan, atau menunggu driver ojol. Semakin dekat driver dengan titik kita berada, maka kita jadi makin semangat dan tidak sabar menanti driver tersebut datang kepada kita. Pada akhirnya kita jadi sering-sering pantengin aplikasi atau sekadar membuka aplikasi tersebut.

Inilah salah satu efek psikologis yang ditimbulkan dari maps tracking driver yang disediakan platform ojol/order makanan. Tak menutup kemungkinan, hal ini juga berlaku bagi Teman Belajar yang sedang menunggu-nunggu paket dari online shop. Kita akan cenderung semakin sering mengecek aplikasi dan tracking barang untuk memastikan barang memang semakin dekat dengan kita.  

Tapi, tentu impact utama dari fitur ini adalah untuk memudahkan kita dalam mengetahui dan memastikan barang yang diterima benar-benar sampai kepada kita ya. Dan itu juga dibuat untuk memastikan barang yang diterima sesuai yang kita pesan.

Waaah, insight baru kan, Teman Belajar! Makanya, jangan lewatkan artikel-artikel baru dari website Belajarlagi.id untuk insight-insight baru yang sangat bermanfaat. Bagi kamu yang ingin belajar lebih dalam, kamu juga bisa pantengin ketersediaan jadwal kelas Digital Marketing dari BelajarlagiHQ melalui Twitter @BelajarlagiHQ. Sampai jumpa!