Marketing strategy Ban Michellin

Marketing Theory
Sales

Gara-gara nonton Culinary Class Wars jadi nemuin fakta menarik tentang Michelin Guide

Ternyata Michelin Guide dibikin as marketing strategy dari brand ban legend Michelin, supaya pemilik mobil bisa berpergian lebih sering & lebih jauh. Bikin orang2 jadi lebih sering beli ban

Sini Minjar ceritain lengkapnya

Jadi, Michelin ini adalah merek ban dari Perancis. Udah terkenal & udah ada sejak 1895 yg produksi ban sepeda dan ban mobil

Pas tahun segitu yg punya mobil di Perancis tuh dikit, cuma ada sekitar 3.000 mobil

Karena pengen produknya laku terjual, akhirnya tercetus ide brilian

Andre Michelin, founder ban Michelin berpikir, daripada bikin inovasi produk tapi yg beli dikit, better ngedukung orang kaya buat beli mobil terus-menerus. Soalnya kalo jumlah mobil meningkat, produksi ban Michelin juga ikut naik

Nah, ide itu dituangin lewat buku panduan wisata

Isi dari buku panduannya ini segala informasi di Perancis, mulai dari lokasi bengkel ban, cara ngelepas ban, rute perjalanan, titik pengisian bahan bakar, sampe rekomendasi hotel dan restoran enak

Buku ini dinamain Michelin Guide yg diedarin gratis ke pemilik mobil di thn 1900

Strategi Cross Category Marketing yg dilakuin Michelin ini berhasil bikin banyak orang bepergian dan naikin jumlah produksi ban sepeda dan mobil mereka

Michelin pun punya dampak besar buat perkembangan industri otomobil yg bikin mobilitas meningkat di Perancis

Karena strategi ini berhasil di Perancis, 4 tahun kemudian Michelin lanjutin buat "ekspansi" ke Belgia dengan nerbitin buku panduan yg sama di sana

Terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya ekspansi ke negara lain, kaya Swiss, Italia, Belanda, Spanyol, Jerman dan Portugal

Part yg paling menarik perhatian banyak orang di Michelin Guide ini adalah rekomendasi restorannya

ban michelin

Ternyata selama puluhan tahun ngebagiin buku panduan secara gratis, mereka juga ngelakuin penilaian secara diam-diam ke restoran di Eropa dgn dukungan para ahli buat ngereview

Hasil review itulah yg dituangin ke Michelin Guide dgn rating penilaian mulai dari bingtang 1 sampai 3. selanjutnya resto-resto ini disebut as Michelin Star Restaurant

Dari list rekomendasi yg mereka buat berhasil bikin banyak orang bepergian pakai mobil dan ban mereka pun aus

Long story short, Michelin ga lagi nerbitin buku panduan wisatanya, tapi mereka tetep ngelakuin penilaian ke resto2 terkenal di dunia sampe sekarang

Ga heran ya kalo banyak orang yg ga ngeh Michelin ini brand ban, malah lebih tau kalo mereka ini perusahaan yg review resto

So far, Michelin tercatat udah ngasih 1 bintang ke 2.500 resto, 2 bintang ke 500 resto, dan 3 bintang ke 150 resto

Ga cuma Michelin Guidenya aja yg berhasil terkenal, ban as main product mereka pun ga kalah paten dan udah sering wara wiri di perhelatan Moto GP

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.

Cookie preferences