Manfaatkan Momentum April Mop sebagai Kampanye Marketing, Emang Bisa?‍

3 mins read
Ads
Content
Creative
Marketing Theory
Sales

Hai, Teman Belajar! Siapa yang suka jahil menciptakan jokes April Mop? Ternyata, jokes ini juga dipakai di dunia digital marketing loh!

April Mop sering dijadikan momentum brand untuk membuat campaign marketing yang unik. Teman Belajar pernah tidak menemukan brand yang melakukan campaign marketing dengan memanfaatkan April Mop?

Yes, betul banget! Family Mart adalah salah satu brand yang turut mengambil momentum April Mop dalam strategi marketingnya. April Mop 2022 ini, Family Mart mencoba mengembuskan isu untuk memberhentikan salah satu produk andalannya yaitu Kopi Susu Keluarga (KSK). 

Namun, beberapa hari kemudian, brand ini mengumumkan sebuah promo bertajuk April Mop yang berlaku 1-4 April 2022 lalu. Yaaaahh, pada kegocek kan!?

Teman Belajar, tahu nggak sih sebenarnya, April Mop biasa digunakan brand bukan tanpa tujuan lho. Mereka menggunakan jokes April Mop dengan tujuan untuk memunculkan talkability dan engagement yang baik dengan konsumennya. Ini hanyalah salah satu bentuk candaan untuk meramaikan tradisi April Mop pada bulan April.

Meski seru, namun prank ini cukup berisiko, lho Teman Belajar! Apalagi jika ternyata kampanyenya malah gagal dipahami dengan baik oleh audiens. Brand perlu mengenali dengan baik audiens mereka agar lelucon ini bisa dengan mudah diterima oleh mereka.

Selain itu, brand perlu memperhatikan kreativitas dalam membuat konsep April Mop, agar terkesan menarik dan disambut antusias oleh audiens. Pada contoh Family Mart, brand itu tiba-tiba berniat stop produksi KSK sejak 30 Maret kemarin. Mereka membuat isu itu benar-benar terlihat serius banget sampai bikin kecewa konsumennya.

Namun, hari berikutnya, tepat pada 1 April yang merupakan April Mop, justru Family Mart membatalkan stop produksi KSK dan akan tetap ada seterusnya. Bahkan Family Mart memberikan promo April Mop kepada konsumen.

Kampanye prank April Mop dari Family Mart ini sukses dapet atensi media yg luar biasa, lho Teman Belajar! Tingkat talkability dari adanya kampanye ini sangat tinggi khususnya di media sosial twitter. 

Lalu, ada lagi tidak ya contoh lain brand yang memanfaatkan momentum April Mop?  Google, adalah salah satunya, Teman Belajar. Setiap tahun, perusahaan raksasa itu mengeluarkan April Mop dengan fitur baru yg agak aneh tapi inovatif. Teman belajar ada contoh menarik lain dari kampanye April Mop, nggak nih?

Nah, keren banget kan insight baru Digital Marketing dari Belajarlagi? Teman Belajar masih bisa kulik insight baru lainnya melalui website Belajarlagi.id dan Twitter @BelajarlagiHQ ya!

Kalau Teman Belajar tertarik mempelajari ilmu Digital Marketing lebih dalam lagi, Teman Belajar bisa mendaftar kelas Digital Marketing yang tersedia di BelajarlagiHQ! Sampai jumpa!