Kopiko Muncul di Drakor Vincenzo, Kok Bisa?

2 mins read
Creative
Marketing Theory
Sales
Ads

Penggemar drakor, pasti teringat adegan memorable dari serial Vincenzo! Yup, adegan itu adalah adegan yang menampilkan brand Kopiko, brand permen kopi asli Indonesia. Waah, cukup membanggakan ya Teman Belajar!

Nah, penempatan produk permen kopi dari brand Kopiko ini merupakan sebuah bentuk iklan. Iklan yang memakan budget hingga 5 miliar ini adalah bentuk "in-film Advertising". Brand-brand besar di dunia pun sekarang tengah menggandrungi salah satu strategi pemasaran ini. 

In film Advertising adalah strategi pemasaran dengan bentuk periklanan yang menggunakan media film sebagai tempat beriklan. Iklan ini biasanya disajikan dalam bentuk produk yg digunakan sebagai properti atau kejadian dalam film tersebut. Bentuk iklan ini mampu meningkatkan brand awareness produk. Hal ini akan membuat penonton penasaran dengan brand tersebut.

Selain itu, faktor dari pemeran film juga berpengaruh kepada impact tujuan iklan. Sebab, seolah-olah aktor itu mendukung brand tersebut. Product placement serta momentum pada "in film advertising" ini sangat berpengaruh terhadap kesuksesan iklan ini.

Selain di serial drama Vincenzo, permen Kopiko ternyata jjuga sempat tampil di serial drama Korea lain. Permen kopi ini juga muncul di serial "Hometown Cha Cha Cha" dan mengundang talkability atau perbincangan di tenga masyarakat yang menonton.

Namun terkadang memang kita agak sulit membedakan in film advertising dengan properti merek yg benar2 tampil secara alami. Coba, Teman Belajar sebutkan, kira-kira film lain apa lagi ya yang ada "in film advertising" di dalamnya?

Nah, demikian tadi penjelasan singkat namun cukup nendang tentang in film advertising. Yuk pantengin berbagai artikel Digital Marketing lainnya di website Belajarlagi.id dan twitter @BelajarlagiHQ. Bagi Teman Belajar yang ingin belajar Digital Marketing lebih dalam, segera kepoin kelas-kelas Digital Marketing apa saja yang tersedia di BelajarlagiHQ yang seru-seru abis!