Kenapa ya Iklan Sirup Marjan cuma Keluar Setahun Sekali?‍

2 mins read
Ads
Content
Creative
Marketing Theory

Teman Belajar! Penasaran nggak sih kenapa iklan sirup Marjan rasanya muncul setahun sekali doang, yaitu setiap Ramadhan? Brand yang identik dengan minuman menyegarkan ini memiliki konsep yang semakin ke sini semakin bagus lho.

Karena munculnya setahun sekali, kita sebagai konsumen jadi tahu perkembangan konsep iklannya. Tapi mengapa ya brand ini munculnya saat Ramadhan saja?

Apa yang dilakukan brand sirup ini bukan tanpa sebab, lho Teman Belajar. Ini dikarenakan brand Marjan mencoba menerapkan seasonal marketing. Penerapan ini dilakukan pada saat momentum yang tepat menurut mereka. Lalu apa itu seasonal marketing?

Seasonal marketing adalah bentuk strategi yg diterapkan brand dengan menggencarkan promosi pada momentum atau season tertentu. Brand fokus memaksimalkan promosinya di momentum itu karena dianggap banyak dicari konsumen pada saat momentum itu terjadi.

Ketika brand hanya muncul di suatu momentum atau season tertentu secara masif, hal ini bisa menimbulkan positioning baru pada brand tersebut. Contohnya seperti sirup Marjan  gencar promosi di setiap jelang Ramadhan. Sirup Marjan pun melakukannya secara annual atau rutin setiap tahun sekali secara terus menerus bertahun-tahun.

Hal ini pun membuat konsumen hafal dengan momentum tersebut. Konsumen, lama-lama akan menyadari brand sirup Marjan gencar muncul di bulan Ramadhan.

Atau ini akan menimbulkan positioning di mana jika iklan Marjan telah muncul masif di televisi, artinya momentum Ramadhan sudah dekat. Teknik ini sukses melekat di benak konsumen mereka dan mampu meningkatkan penjualan sirup di jelang Ramadhan.  

Waaah seru banget kan insight terbarunya, Teman Belajar? Kamu juga bisa membaca insight-insight terbaru mengenai Digital Marketing di website Belajarlagi.id atau Twitter @BelajarlagiHQ lho,Teman Belajar!

Bagi kamu yang tertarik mempelajari Digital Marketing lebih dalam lagi, kamu juga bisa lho intip kelas Digital Marketing apa saja yang saat ini tersedia di BelajarlagiHQ. Sampai jumpa, Teman Belajar!