Kenapa sih Alfamart & Indomaret letaknya selalu bersebelahan?

Diantara dari kita mungkin sering melihat Alfamart & Indomaret yang berada di berbagai daerah. Tapi apakah kalian penasaran mengapa Alfamart & Indomaret letaknya selalu bersebelahan?

Jawabannya adalah karena ini merupakan bagian dari Hotelling’s Model of Spatial Competition Marketing Strategy.

Teori Hotelling dicetuskan oleh Harold Hotelling, yang mengatakan kalau setiap bisnis ingin berada di titik sentral yang paling strategis dan dekat dengan banyak pelanggan. Karena setiap bisnis memiliki pola pikir yang sama, hal ini menyebabkan persaingan ini hanya fokus di daerah tertentu saja.

Tapi clustering atau sentralisasi ini justru memberikan keuntungan bagi kedua kompetitor tersebut. Pertama, brand yang dekat dengan pesaing memungkinkan mereka bisa "comot ide" strategi marketing yang digunakan oleh pesaing. Kedua, clustering bisa membantu konsumen dalam mendapatkan lebih banyak pilihan produk dan harga kepada konsumen. Sehingga hal ini membuat konsumen bisa membandingkan harga dengan kompetitor dan bisa meningkatkan traffic kunjungan ke kedua minimarket tersebut.

Contoh lain dari penerapan strategi ini adalah seperti persaingan Pizza Hut dengan Domino Pizza atau Starbucks dengan J.Co.