Jadi Reseller? Yuk intip Tips Marketingnya!

Mudahnya teknologi saat ini membuka peluang kita untuk berjualan dan berdagang, lho Teman Belajar! Selain untuk menambah pengalaman berdagang di luar jam kerja utama kita, berjualan secara online juga dapat menambah income tambahan kita. Hmmm, lumayan kan untuk jajan boba~

Nah, sebenarnya, ada cara termudah bagi Teman Belajar yang sangat sibuk dengan pekerjaan utama, yang ingin mulai berjualan secara online. Yaitu dengan menjadi reseller berbagai jenis produk yang dapat dijual secara online.

Orang-orang yang mencoba peruntungan menambah income tambahan melalui reseller pun semakin banyak, lho. Menurut survei Katadata, ada sebanyak 15,97 persen dari pelaku usaha E-Commerce di Indonesia adalah reseller. Jadi bisnis online melalui reseller sudah mulai diminati nih, Teman Belajar. 

Jika Teman Belajar tertarik untuk menjadi reseller dan berjualan secara online, berikut tip-tipnya biar kamu sukses jadi reseller!

1- Bikin Copywriting dan Visual yang Chakeeup!

Salah satu strategi agar produk kita mudah diraih calon pembeli adalah dengan memperindah visual dari produk kita. Sebab, orang bakal tertarik kalau gambarnya menarik. Itu pun berlaku sama buat copywriting dengan kata-kata yang menarik.

Oleh sebab itu, kamu perlu menyiapkan gambar yang menarik yang menampilkan produk secara jelas. Kamu bisa mendokumentasikan produk dengan foto produk yang mumpuni, dengan tambahan alat lighting agar foto terpampang jelas dan cerah. Lalu, percantik foto produk kamu melalui berbagai aplikasi gratis yang bisa di-download gratis di ponsel. 

Setelah foto atau gambar siap, kamu juga perlu siapkan copywriting yang menarik. Yang perlu diingat, sebaiknya jangan berjualan langsung secara hard selling ya!

2- Buat Harga yang Kompetitif

Sebenarnya, calon konsumen sangat sensitif dengan harga produk yang diincarnya. Oleh sebab itu, jangan takut ya untuk naik-turunin harga selama itu masih wajar.

Tips dari Minjar, nih. Kamu boleh banget lho menggunakan teknik "charm pricing", yaitu dengan membuat harga produk dengan angka 9. Misalnya Rp 299.000 atau Rp 9.999. 

Selain itu, kamu juga bisa berikan diskon khusus bagi pelanggan tetap, misalnya. Teknik ini bisa menarik perhatian calon konsumen, terutama bagi mereka yang ingin sekali membeli produk kamu.

3- Bangun Trust Issue dengan Konsumen

Tahu nggak, Teman Belajar? Kadang orang malas beli di reseller itu karena kurang percaya. Mereka takut kalau barangnya under expected atau tak sesuai dengan yang diharapkan. 

Nah, untuk memperkecil peluang ini, kamu bisa berikan jaminan kepada calon konsumen. Misalnya dengan memberikan garansi barang yang berlaku jika barang rusak pada saat sampai di tempat tujuan. Jaminan yang lain yang bisa kamu tawarkan adalah dengan membantu konsumen jika terdapat sebuah problem pada produk yang telah dibeli.

4- Tetap Konsisten dan Sabar, ya!

Meski klise, tapi berjualan benar-benar tidak bisa langsung laris ya, Teman Belajar! Yang namanya berjualan, pasti memiliki prosesnya tersendiri. 

Ada banyak cara buat jadi reseller. Kamu bisa jualan pake ecommerce buat ambil produk dan dijual lagi. Misalnya, kamu bisa berjualan melalui Tokopedia, Shopee, atau melalui platform khusus dropship dan reseller seperti Evermos.

Nah, bagaimana Teman Belajar? Insightful sekali, kan? Kamu bisa ikutin tips-tips lainnya, terutama tentang Digital Marketing, di website belajarlagi.id dan Twitter @BelajarlagiHQ ya! Atau ingin mempelajari Digital Marketing lebih dalam lagi? Yuk cuss, kepoin kelas-kelas Digital Marketing yang tersedia di BelajarlagiHQ. Kami menunggumu di kelas, ya!