J&T bisa jadi top brand jasa pengiriman, kenapa tuh?

Marketing Theory
Sales

J&T ini ekspedisi yg relatif baru kalo dibandingin JNE yg udh ada sejak 1990.

Geraknya mereka cepet, bahkan dalam kurun waktu 3 tahun aja udh berhasil ekspansi ke banyak negara.

Minjar coba bahas apa aja faktor yg bikin J&T bisa jadi top brand kategori jasa pengiriman. 

Fyi, J&T ini satu grup sama Oppo dan Tomoro Coffee, jadi ga heran ya kalo geraknya cepet & masif, padahal baru muncul di 2015

Strategi J&T

Menurut analisis Minjar ada 3 faktor utama kenapa J&T bisa jadi ekspedisi terbaik saat ini:

Waktu Operasional

Kalo dibandingin sama JNE yg buka setiap hari senin- sabtu jam 8 pagi sampe jam 8 malem, J&T punya waktu operasional yg lebih lama, yakni setiap hari dari jam 8 pagi sampe jam 10 malam. Di hari libur nasional juga J&T sering ngelakuin pengiriman

Selain itu, J&T punya 2 waktu pengiriman yg pasti di siang & sore hari

Accuracy Order

ACCURACY ORDER J&T

J&T punya kebijakan untuk buka kantor cabang hanya satu perkecamatan tujuannya biar lebih terpusat, beda sama JNE yg franchisenya banyak

Tapi justru ini yg bikin unggul, sistem pickup mereka jadi lebih cepat karena ga mampir-mampir ke banyak cabang

Mereka juga punya sistem lacak lokasi yg lebih akurat. Makanya ada hasil penelitian yg nunjukin kalo banyak persepsi customer terbangun ttg J&T yg punya sistem akurasi order yg tepat, dibanding JNE yg sering dapet komplain paket nyasar Hasil penelitiannya ada di tweet paling akhir ya

Customer Service

Masih dari hasil penelitian yg sama, disebutin kalo penanganan perbedaan pesanan di J&T lebih unggul dibanding JNE

Dalam handling paket yg nyasar misalnya, JNE kalah cepet sama J&T. Kalo J&T sekali telepon atau laporan ke CS bisa lebih cepet penyelesaiannya

Sedangkan kalo di JNE, customer harus isi form dulu. Dan seringkali handlingnya lambat, sampai harus dihubungi berkali-kali Ini sebenernya berkaitan sama sistem pelacakan ekspedisi, kalo sistemnya akurat, kejadian paket nyangkut atau salah alamat minim dihadapi.

Makanya J&T unggul juga di layanan customer servicenya, karena mereka punya sistem order akurasi yg lebih baik, jadi masalah customer lebih gampang juga dihadapi. Tapi di 2023 kemarin J&T sempet ngelakuin layoff efek dari TikTok Shop banned dan berefek ke penutupan beberapa kantor cabang.

Kondisi setiap ekspedisi sebenernya berbeda-beda di tiap tempat yg munculin preferensi yg beda juga buat customer.

Faktornya pun banyak, misal karena lebih gampang ditemuin/deket sama rumah, karena kelengkapan layanannya, atau bahkan karena udah akrab sama kurirnya.

Btw, ekspedisi atau jasa pengiriman yg sering kamu pilih apa nih & kenapa kamu lebih suka itu?

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.

Cookie preferences