Intip Salah Satu Strategi Marketing di Media Sosial oleh Apple‍

Hai, Teman Belajar! Kamu pengguna Apple? Pernah lihat nggak postingan akun Instagram resmi Apple?

Kalau Teman Belajar cermat memperhatikan konten-konten yang diposting Apple, ada hal menarik di sana, loh. Menariknya, Apple tak memposting konten produk-produk dari Apple sebagai promosi. Apple malah lebih sering upload konten foto-foto pemandangan yang di-jepret menggunakan produk iPhone.

Ternyata, langkah ini merupakan sebuah strategi loh, Teman Belajar. Apa yang dilakukan Apple ini disebut "User Generated Content (UGC)". Ini merupakan sebuah strategi dalam marketing di media sosialnya.

Lalu, apa sih UGC itu? Yuk, kita bahas!

User Generated Content adalah bentuk konten yang dibuat consumer ketika mereka menggunakan produk kita. Sederhananya, strategi ini dilakukan dengan melakukan repost dari konten review yang telah dibuat oleh pengguna produk-produk Apple. 

Strategi ini sederhana dan gampang banget diterapkan. Terus, strategi ini juga bisa meningkatkan engagement dan brand trust merek tersebut.

Setidaknya, ada sebanyak 70 persen orang cenderung percaya dengan review produk yang dibuat oleh konsumen. Lalu, ada sebanyak 61 persen orang suka dengan konten iklan yang menggunakan strategi UGC.

Sementara Apple sudah berada di tahap loyalty dan advocacy yang fokus sama engagement dengan consumer-nya lewat UGC ini, jika ditempatkan di marketing funnel. Tapi sebenarnya, tidak hanya Apple yang menerapkan strategi UGC ini. Ada banyak merek lain juga yang turut menggunakan strategu ini, seperti Nike, Adidas, dan lain-lain.

Penerapan strategi UGC ini cukup efektif, lho Teman Belajar. Strategi ini membuktikan bahwa "Customers are the Heart of Any Social Media Strategy", di mana konsumen atau pengguna produk kita merupakan poin penting dari strategi marketing kita, terutama di media sosial.

Engagement yang baik dengan customer bisa membantu meningkatkan brand loyalty dan talkability sebuah brand. Teman Belajar, kira-kira apa lagi nih contoh brand lain yang pake strategi UGC ini?

Naaah, seru banget kan insight barunya tentang Digital Marketing  yang digunakan sebuah brand besar di dunia! Teman Belajar bisa kulik insight-insignt lain tentang Digital Marketing lainnya di website Belajarlagi.id atau twitter @BelajarlagiHQ ya!

Eits, kalau Teman Belajar ingin mendalami lagi tentang Digital Marketing, kamu bisa juga intip kelas-kelas yang tersedia di BelajarlagiHQ. Sampai jumpa!