Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Mau Bikin Iklan yang Terapkan Guerilla Marketing

Teman Belajar, pernah nggak menemukan billboard iklan yang menampilkan desain apa adanya atau bahkan draft iklan itu sendiri? Bahkan, iklannya banyak kesalahan-kesalahan seperti typo. 

Tentu, hal itu bukan lagi tak sengaja ya, Teman Belajar. Itu adalah salah satu strategi pemasaran dan iklan juga lho. Strategi itu juga disebut "guerilla marketing". 

Guerilla marketing ini, saat ini banyak digunakan sebagai strategi marketing. Salah satu contohnya adalah billboard dari Tokopedia. 

Namun, penggunaan strategi ini juga tidak bisa asal. Ada beberapa elemen kunci yang penting di strategi ini yang perlu diperhatikan. Adalah creativity, unexpected, dan interactivity. Yuk, kita bahas satu per satu!

1- Creativity

Kreativitas punya peran penting dalam suksesnya strategi ini. Dalam mendesain iklannya, iklan harus memiliki tampilan yang out of the box atau jarang terpikirkan banyak orang, agar menimbulkan kesan curiosity bagi audiens. Contohnya, billboard Tokopedia memiliki desain yang berbeda dari umumnya.

2- Unexpected

Iklan yang dibuat dengan menggunakan strategi ini harus akan menimbulkan kesan "tak disangka-sangka" dari audiens. Hal ini dapat menggugah emotional response mereka.

Dengan menggunakan ide tersebut, iklan akan jadi lebig menarik lagi jika "unexpected" ini dipadukan kreativitas out of the box di poin pertama tadi.

Sebagai contoh, Tokopedia sengaja memberikan tulisan typo atau kesalahan penulisan "belajna" di billboard tersebut. 

3- Interactivity

Untuk menerapkan strategi guerilla marketing, iklan yang dibuat harus bisa menghasilkan interaksi. Interaksi dapat meningkatkan engagement antara merek dengan audiens.

Hal ini efektif dalam membangun kedekatan antara audiens dengan merek tersebut. Contoh dalam billboard Tokopedia itu adalah adanya permintaan maaf pada bagian bawah, di mana itu bisa menjadi bentuk interaksi antara tokopedia dengan audiens.

Itu tadi tiga hal yang perlu diperhatikan dalam membuat iklan yang menerapkan strategi guerilla marketing. Seru kan insight-nya?

Teman Belajar bisa mengulik lebih banyak lagi insight-insight studi kasus marketing yang menarik lainnya, di website Belajarlagi.id ya! Dan segera daftarkan diri kamu di kelas-kelas digital marketing yang tersedia di belajarlagiHQ untuk memperdalam ilmu digital marketing-mu! Sampai jumoa di kelas!