Bukan UGC (User Generated Content), tapi EGC (Employee Generated Content), tren marketing yg digadang-gadang makin pecah di 2025.
Mirip Employer Branding, tapi EGC punya misi buat ningkatin brand awareness, sampe soft selling dgn footage candid.
Konten yg dibikin sama karyawan ini tujuan awalnya mau employer branding, tapi ternyata efektif juga buat brand awareness. Jadilah sekarang mulai banyak tipe konten kaya gini
.webp)
Komen dari video di atas juga banyak yg interested sama perusahannya dan pengen jadi bagian dari mereka
Dilansir dari Forbes, EGC jadi alat yg ampuh dan cost-effective buat bangun koneksi dan reputasi brand, karena konten yg dibikin sama karyawan sering dianggap lebih autentik & relate sama audiens.
Di sisi lain, karyawan yg terlibat dlm konten juga bisa ningkatin rasa kepemilikan dan motivasi mereka sama perusahaan.
EGC diprediksi bakal jadi tren marketing yg makin populer di tahun ini, karena:
- Orang suka liat hal-hal yg terjadi di balik layar
- Orang banyak yg lebih percaya sama orang juga dibanding produk yg ada di iklan (people over product)
- Karyawan yg bisa promoin produk secara casual bikin brand terlihat lebih genuine

Tipe konten EGC ini macem-macem, contohnya:
- A Day In My Life/ Life at tempat kerjanya
- POV jadi karyawannya
- Interview beberapa karyawan, udah kerja berapa lama/dari jurusan apa kerja sebagai apa/fasilitas & benefit tempat kerja
- Behind the scene selama ngerjain kerjaan
Anw, what do you think tentang strategi marketing EGC ini? Kamu sendiri suka ga sama tipe konten kaya gitu?