Duh, Netflix Beri Iklan di Paketnya, Kenapa ya?

Hai, Teman Belajar! Kalau kamu penggemar film-film streaming, pasti catch up dong dengan apa yang terjadi di Netflix? Yes, platform over-the-top atau OTT satu ini sedang mengalami penurunan saham di beberapa bulan terakhir.

Hal ini tentu membuat mereka panik. Sebab, tak hanya sahamnya yang anjlok, hal itu juga membuat Netflix harus kehilangan ratusan ribu konsumennya. 

Netflix pun mencoba strategi baru. Mereka memasukkan iklan di setiap filmnya. Ada yang mengatakan, langkah ini merupakan langkah blunder mereka. Apakah demikian? Yuk, kita bahas!

Platform OTT ini, dikabarkan hendak memberikan iklan di setiap streaming filmnya pada paket termurahnya. Kebijakan ini akan dijalankan pada akhir tahun 2022. 

Sementara, laporan The Verge mengatakan, pesaing Netflix yaitu Disney Plus sukses akuisisi konsumennya dengan 7,9 juta konsumen baru di Q1 2022. Hal ini berbanding terbalik dengan yang terjadi oleh Netflix. Platform tersebut justru malah kehilangan 200 ribu konsumennya di Q1 2022.

"Sudah jatuh, masih tertimpa tangga." Mungkin itulah peribahasa yang tepat bagi Netflix. Diawali dengan kehilangan konsumennya, saham yang anjlok, ditambah lagi persaingan industri streaming film yang ketat, membuat Netflix cocok dengan peribahasa ini. Hiks, sedih ya..

Meski demikian, Netflix harus cepat bergerak. Langkah memberikan iklan pada paket termurahnya menjadi langkah yang masuk akal setelah melihat beberapa alasan tadi. 

Sepertinya, ini memang menjadi "exit strategy" yang diterapkan Netflix agar Netflix tetap eksis bersaing di dunia streaming film. Paket subscribe yang murah bisa menjadi solusi untuk meningkatkan konsumen mereka. Terlebih, sejauh ini banyak pelanggan yang komplain soal harga Netflix yangmahal.

Hmm.. Menarik ditunggu nih, Teman Belajar. Kira-kiira bentuknya bakal kayak apa ya? Aneh nggak sih kalau lagi enak nonton tiba tiba muncul iklan gitu?

Teman Belajar, seru banget kan insight studi kasus kali ini? Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut tentang studi marketing yang lain, kamu boleh banget cek artikel-artikel lainnya di website belajarlagi.id dan Twitter @belajarlagiHQ ya!

Lalu, kalau Teman Belajar ingin mendalami lebih lanjut tentang dunia digital markerting, kamu bisa daftarkan diri kamu untuk mengikuti kelas-kelas digital marketing yang tersedia di BelajarlagiHQ ya! Sampai jumpa di kelas!