3 Core Insight di dalam Market Research penting buat dipahami kalo mau berhasil optimasi digital marketing, karena ketiga aspek ini adalah bagian fundamental yg bisa jadi longterm strategy.
Sini Minjar coba breakdown dgn simple supaya mudah dipahami
Yang namanya research/riset pasti based on data dan insight.
Memahami siapa konsumen kita (apa yg mereka suka/tidak), trend apa yg lagi mereka ikuti. Hal ini berhubungan dengan perilaku, preferensi dan kebutuhan mereka akan sesuatu.
Risetnya bisa dengan cara kuantitatif atau kualitatif. Mix keduanya juga gak masalah
Pemahaman mendalam tentang produk yg kita miliki. Kelebihannya apa, unique selling point (USP) apa, value propositionnya (VP) bagaimana, segmentasinya seperti apa.
Marketing Mix 4P (product, price, promotion, place) juga perlu kita breakdown pada tahap ini
Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dari produk kompetitor, tujuannya untuk memahami pilihan lain yg bisa disajikan ke target konsumen produk kita. Jadikan kompetitor sebagai tempat riset mengumpulkan banyak insight, bukan sebagai rival
Itu dia 3 core insight yg perlu dipahami di awal belajar digital marketing. Ini adalah pengetahuan fundamental yg gak boleh kamu skip
Sebenernya masih banyak detil dari masing-masing core insight yg perlu dipahami. Sepeti USP, VP, Target Market, dll. Lain waktu Minjar bahas ya
Atau, kalo mau belajar lebih dalam sama expert, tanya jawab dan praktik langsung, bisa banget join FSDM yg biaya bootcampnya bisa kamu cicil mulai dari 500K aja