Kayanya masih banyak yg ngira kalo coklat SilverQueen itu produk luar, padahal doi asli Garut.
Uniknya lagi, ternyata kacang mede di coklat SilverQueen awalnya bukan buat nambah cita rasa, tapi supaya coklatnya ga gampang leleh di iklim tropis kaya Indonesia.
Coba kita ulik lebih dalam tentang brand coklat satu ini
Perusahaan yg menaungi SilverQueen adalah PT Petra Food, perusahaan ini asal Garut yg pas masa kolonial dikenal dgn nama NV Ceres.
Yaps betul, Ceres yg kalian duga adalah merek meses yg udh familiar di Indo, Ceres ini sister brandnya SilverQueen.
Selain Ceres, ada Delfi, dan Biskuit Selamat yg satu perusahaan sama SilverQueen
NV Ceres ini dulunya perusahaan Belanda yg dijual ke orang keturunan Tionghoa dari Burma (Myanmar) yg udah tinggal di Bandung cukup lama, namanya Ming Chee Chuang.
Nah, Pak Ming inilah yg ngembangin pabrik coklat ini dgn produksi coklat SilverQueen di tahun 1950. Beliau juga ngeganti nama perusahaan jadi PT Perusahaan Industri Ceres
Tapi karena Pak Ming bukan asli orang Pribumi, beliau ga bisa dapet pembinaan dari pemerintah buat ngembangin perusahaannya
Ga tinggal diam, Pak Ming coba berinovasi lewat coklat SilverQueen. Dulu struggle bgt buat bikin coklat batang yg ga mudah leleh, karena ga ada kulkas
Setelah lewatin banyak trial & error, Pak Ming coba masukin kacang mede yg juga ada banyak di Garut buat dimasukin ke coklatnya.
Hasilnya ternyata works, berkat kacang mede coklat batang SilverQueen ga gampang leleh dan teksturnya jadi lebih padet, plus rasanya jadi lebih gurih
Pas tahun 1955 Pak Ming dapet pesanan coklat SilverQueen dari Presiden Soekarno buat KAA (Konferensi Asia Afrika) di Bandung. Momen inilah yg jadi turning point makin terkenalnya SilverQueen.
Setelah makin terkenal dan berkembang, perusahaan coklat ini pun dipindahin ke Bandung
Sekarang perusahaan coklat SilverQueen udh dipegang sama keturunan Pak Ming dan masuk ke dalam PT Petra Food di thn 1984.
Mereka juga punya kantor di Singapura dan ekspansi ke lebih dari 10 negara di Asia, kaya Filipina, Thailand, Jepang, Korea, India dll. Keren!
Dari sisi marketing, ada 3 hal yg coba Minjar analisis:
Coklat dari dulu adalah cemilannya orang menengah ke atas, makanya dulu SilverQueen lumayan susah dijangkau, orang-orang kaya atau yg berpengaruh aja yg bisa cobain ini coklat
Tapi karena komersialisasinya makin berkembang, akhirnya positioning mereka agak geser
Sekarang, SilverQueen udah lebih gampang ditemuin, mulai dari swalayan gede, sampe warung madura juga suka ada yg jual.
Kesan premiumnya justru ada dipenamaannya yg kebarat-baratan, atau istilah marketingnya Foreign Branding, yg bikin banyak orang ngira kalo coklat ini produk global
Salah satu cara buat ngedorong cust ngelakuin impulsive buying adalah dgn strategi product placement yg tepat. Contohnya kaya placement buat coklat atau permen di swalayan yg letaknya deket kasir.
Selain itu, nempatin coklat & permen di deket kasir tujuannya buat menyasar anak2
Makanya, rak coklat di deket kasir cenderung lebih rendah biar disesuaikan sama jangkauan anak-anak
Coklat SilverQueen udah pasti jadi salah satu brand langganan yg placementnya ada di deket kasir, selain karena target marketnya anak2, produknya juga jadi lebih gampang ditemuin
Sama kaya Marjan yg iklannya muncul saat mau ramadan, SilverQueen juga punya momen khusus buat build strategi terbaiknya, yaitu di waktu dekat dgn hari valentine
Mereka konsisten kasih banyak promo, mulai dari potongan harga, bundling product, sampe bikin kemasan khusus
Contohnya di momen valentine tahun ini, mereka ngangkat hashtag #BanyakMaknaCinta yg ngajak audiensnya buat upload makna cinta versi mereka pake tamplate yg udh disedian.
Lewat campaign setahun sekali ini, SilverQueen jadi bisa bangun emotional marketing sama loyal customernya
Btw, coklat kesukaan kamu apa nih? Apa SilverQueen termasuk ke dalam kategori coklat yg suka kamu beli?