Menjadi Leader dan Ilmu Tentang Leadership

Creative

Atasan datang bawa teguran, perintah, dan amanat. Stafnya selalu jawab "siap pak, kami jalankan mandat."

Padahal, menjadi leader atau pemimpin sebuah tim, komunitas, atau institusi gak cuma modal nyuruh doang, perlu adanya keterampilan softskill yang harus terus diasah, salah satunya, ya jiwa leadership.

Pada era ekonomi digital ini, tidak menutup kemungkinan bahwa pemimpin tim tak jarang ditempati oleh anak-anak muda. Jadi leader pun ada ilmunya, loh! Oleh karena itu, Teman Belajar wajib memahami 4 hal basic ini, biar bisa fit-in dengan segala kondisi.

1. Skill komunikasi 

Ini menjadi "urat nadi" dari jalannya proses berinteraksi dan berbagi informasi mulai dari ngomong ke pacar, ke tim, ke atasan hingga ke klien. Caranya pun sangat variatif, kamu bisa coba dengan gaya komunikasi top-down atau bottom-up communication.

Sederhananya, pilih gaya komunikasi terbaik, efektif dan efisien. 

Banyak problem muncul karena cara komunikasinya yang kurang tepat, tapi nggak sedikit juga solusi datang dari hasil sebuah komunikasi.

Yang perlu kamu ingat, the art of communication is the language of leadership.

2. Kolaborasi

Seorang leader harus bisa memimpin proyek dan mengambil pendekatan kolaboratif. Apalagi di sebuah project perlu adanya kerjasama tim yang baik.

Misalnya, leader melibatkan banyak stakeholder mulai dari bawahan sampai atasan agar mendapatkan keputusan yang terbaik.

Bukan hal mudah memang merangkul banyak orang, apalagi setiap orang punya opini yang berbeda beda. Di sinilah peran leader akan terlihat.

Kamu bisa mencermati dan meniru kecerdasan seorang pemimpin akan terlihat dari bagaimana dia mengambil keputusan dari pendapat semua stakeholder mereka.

3. Komitmen dan tanggung jawab

Seorang leader harus memegang teguh komitmen dan percaya atas tindakan yang ia lakukan. Komitmen yang kuat akan membangun hubungan dan kepercayaan yang baik dari para stakeholder lainnya.

Komitmen ini kadang sulit diterapkan, bahkan beberapa leader belum memiliki hal ini.

4. Kreativitas

Berpikir kreatif sekarang jadi tuntutan karena persaingan yang semakin kompetitif. Seorang leader harus jadi garda terdepan dalam menyelesaikan permasalahan.

Selain itu, leader yg kreatif bisa menjadi role model yg mendorong anggotanya juga ikut berpikir kreatif. Dan perlu kamu tau, seorang leader harus memahami ilmu project management agar bisa memegang peranan penting project yang ia pegang.

Nggak terbatas pada suatu bidang pekerjaan aja, skill ini juga bisa bermanfaat bagi karir dan juga kehidupan sehari-hari.

Buat kamu yang mau belajar lebih mengenai project management, yuk ikutan bootcamp project management Belajarlagi. Info selengkapnya bisa kamu pantau di website Belajarlagi.id dan kanal X  @belajarlagiHQ!

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.