Banyak Brand Ingin Jadi Sponsor MotoGP, Kenapa ya?

2 mins read
Ads
Content
Creative
Marketing Theory

Pada penasaran nggak kenapa motor-motor peserta balapan, seperti MotoGP penuh dengan stiker-stiker nama atau logo brand? Ada yang mengatakan, stiker-stiker nama atau logo brand itu adalah sponsor resmi dari pebalap sekaligus bentuk promosi brand tersebut. Apakah benar, Teman Belajar?

Ternyata, ada beberapa alasan utama motor mereka ditempeli stiker-stiker nama atau logo brand ternama. Yuk, kita bahas beberapa alasan brand-brand tersebut menerapkan hal yang disebut "sport marketing" itu. 

1- Brand awareness

Salah satu alasan utama mengapa brand menerapkan sport marketing adalah brand awareness. Brand awareness merupakan tujuan dari brand untuk melakukan iklan, yaitu untuk meningkatkan kesadaran banyak orang tentang brand itu sendiri.

Jumlah penonton MotoGP yang mencapai miliaran orang per musimnya, membuat penempatan nama dan logo di motor pebalap menjadi sasaran empuk untuk beriklan. Ini pun dimanfaatkan untuk menjangkau nama brand mereka lebih luas lagi.

FYI, setidaknya ada tiga bagian penempatan sponsor di motor atau sponsorship placement motorcycle. Yaitu title, primary, dan official. Makin terlihat, makin mahal sponsorship-nya ya, Teman Belajar. 

2- Brand image

Ajang balapan MotoGP adalah salah satu tontonan olahraga yang memiliki rating yang tinggi. Artinya, banyak orang yang menonton dan memberikan perhatian lebih kepada ajang balapan ini. MotoGP juga merupakan olahraga bergengsi tinggi di dunia. 

Oleh sebab itu, memasang nama atau logo di ajang tersebut, bisa menjadi sebuah kebanggaan bagi sebuah brand. Terlebih jika memasang di bagian dari Sang Rider. Secara tidak langsung, itu akan meningkatkan image atau citra dari brand di mata konsumen.

3- Brand positioning

Karena punya gengsi yang tinggi, ajang balapan MotoGP pun memiliki positioning yang kuat yaitu "spirit, speed, dan exclusive". Hal ini lalu dimanfaatkan brand otomotif untuk merepresentasikan brand mereka agar terlihat lebih eksklusif dan gagah di mata konsumennya.

Nah, itu tadi alasan-alasan mengapa penting sekali brand untuk menempatkan nama dan logo sebagai sponsorship di ajang balap MotoGP. Teman Belajar bisa sebutin nggak nih brand Indonesia yang banyak muncul di motor para rider motoGP?

Teman Belajar, simak insight-insight baru tentang Digital Marketing di website belajarlagi.id dan twitter @BelajarlagiHQ ya! Bagi kamu yang ingin mendalami Digital Marketing, kamu bisa ikuti kelas-kelas Digital Marketing yang tersedia di BelajalagiHQ. Sampai bertemu, Teman Belajar!