Apa ya yang Bisa Dipelajari dari Iklan "Rambut Capek" Keanu?

Teman Belajar, masih ingatkah kamu dengan iklan shampoo Pantene tentang rambut capek yang dibintangi influencer Keanu? Dalam video iklan tersebut, Keanu mengeluh sambil marah-marah sewot kalau dia suka capek atau lelah dengan penampilannya, karena rambutnya yang susah diatur. 

Narator dalam video pun mengatakan sebenarnya bukan Keanu yang lelah, melainkan rambutnya yang lelah atau capek. Dari situ, narator lalu menjelaskan bahwa rambut capek perlu dilakukan perawatan.

Lalu, ada apa sih, Minjar, dengan iklan itu? Bukannya itu iklan yang biasa?

Eits, tunggu dulu. Ada analisis ethical marketing atau pemasaran etik yang bisa kita kulik nih dari iklan tersebut. Kita bisa membahasnya melalui prinsip TARES (Truthfulness, Authenticity, Respect, Equity, dan Social responsibility). Yuk, pantengin selengkapnya!

1- Truthfulness

Kepercayaan penting dalam membangun hubungan emosional dan menyajikan informasi yang jujur pada audiensnya. Karakter bicara Keanu yang ceplas-ceplos mampu membangun kepercayaan audiens karena dinilai jujur dalam menyampaikan pesannya. Dan itu pulalah yang tergambar dari Keanu pada iklan tersebut.

2- Authenticity

Komunikator, atau di sini adalah bintang iklan itu sendiri, harus punya sifat otentik dan sesuai terhadap apa yang disampaikan olehnya. Keanu yg punya rambut panjang ini dinilai otentik dan mampu mendobrak stigma iklan kecantikan yang selalu didominasi model wanita yang cantik.

3- Respect

Dalam penyampaian pesan dalam iklan, harus memberi rasa hormat dan tidak menyinggung pihak manapun.

Iklan ini punya pesan realita yg dialami oleh pemilik rambut panjang, yaitu rambut susah diatur dan lain-lain. Penjabaran Keanu dalam iklan itu membuat banyak orang merasa relate atau terhubung dengan apa yang dialami Keanu di iklan ini.

4- Equity

Equity atau keadilan adalah tentang bagaimana pesan yang disampaikan dalam iklan tidak menyudutkan salah satu pihak. Dalam iklan ini, ada pesan yang tersirat. Yaitu, hair suplement tidak hanya digunakan untuk wanita saja, melainkan pria pun bisa menggunakannya juga. Ini menunjukkan adanya kesetaraan antara pria dan wanita.

5- Social responsibility

Sementara ini adalah tentang bagaimana pesan tidak meninggalkan tanggung jawab sosial dengan memberikan pesan positif bagi audiens. Salah satu pesan positif di iklan ini adalah tentang edukasi pengiklan untuk mengajak audiens merawat rambutnya dengan baik.

Nah, Teman Belajar. Coba perhatikan deh, produk kecantikan saat ini sudah mulai mendobrak stigma atau kebiasaan, dan  mulai mencoba konsep yang lebih segar dan out of the box. Beberapa brand seperti Head n shoulders, MS Glow, Pantene pun sudah memulainya. Kira-kira brand apa lagi ya yang juga telah memulainya?

Demikian ulasan singkat mengenai iklan menarik yang dibintangi oleh Keanu. Seru kan insight-nya?

Teman Belajar, jangan lewatkan juga ya ulasan-ulasan menarik lainnya tentang studi kasus marketing di website Belajarlagi.id dan twitter @belajarlagiHQ!

Jika kamu ingin memperdalam ilmu digital marketing, yuk segera daftarkan diri kamu di kelas umum dan kelas spesialisasi digital marketing di BelajarlagiHQ! Sampai jumpa di kelas!