Apa sih yang Bikin Miniso Tumbuh Pesat Banget?

Hai, Teman Belajar! Kamu suka belanja di Miniso? Apakah karena barang-barangnya yang unik dan lucu-lucu? Atau karena produknya yang affordable di kantong?

Teman Belajar jangan heran kalau kebanyakan dari kita gemar banget berbelanja di Miniso. Brand yang memiliki gaya khas Jepang ini ternyata merupakan brand dari China, lho.

Meski umurnya baru delapan tahun, brand ini telah melakukan ekspansi besar-besaran dan sanhat agresif. Ini yang membuat mereka memiliki lebih dari 3500 gerai di dunia.

Lalu, apa sih yang bikin mereka digemari banyak orang? Apa yang kira-kira membuat growth-nya kenceng banget dibandingkan pesaingnya? Yuk, kita bahas!

1- Low Cost Strategy

Banyak produk China memiliki harga yang rendah karena upah kerja yang juga rendah, namun berkualitas kerja yang bagus.

Ini juga menjadi alasan mengapa brand seperti Apple & Adidas memiliki pabrik di China. Upah kerja rendah bikin mereka bisa menekan cost, akan tetapo tetap memiliki kualitas yang bagus.

2- In-store Experience

Siapa yang betah berlama-lama di store atau gerai Miniso? Minjar salah satunya, nih! Geranya yang adem dan produknya yang tertata rapi membuat banyak orang betah berlama-lama di gerai. Apalagi interior gerai Miniso yang dibuat minimalis. 

Adanya penataan Miniso yang demikian, maka tak heran jika Miniso sering dijadikan "window shopping", terutama bagi anak muda. Secara tidak langsung hal ini mampu menaikkan store visit mereka dan gerai mereka pun terlihat ramai terus.

Dalam diskusi di Twitter @BelajarlagiHQ, salah satu Teman Belajar @ezash mengatakan, pemilihan warna pastel yang diterapkan kepada produk-produk Miniso, merupakan warna-warna yang disukai oleh anak-anak muda.

Sementara, Teman Belajar lainnya, @mckeliling juga berpendapat, strategi visual Miniso yaitu “Golden Display” membuat store Miniso menarik. Golden Display menerapkan penataan tampilan pada pintu masuk, di mana di sana  ditampilkan tiga susunan rak teratas. Tatanan demikian  selalu mencuri perhatian para pengunjung mall.

3- Phygital Presence

Phygital adalah konsep yang menjembatani antata store digital dan store fisik. Ini akan memberikan pengalaman interaktif pada penggunanya.

Banyak retailer saat ini menggunakan kombinasi digital-fisik. Hal itu ntuk memudahkan konsumen dan juga untuk memberikan pengalaman customer yang lebih baik.

Ada alasan lain mengapa Miniso memiliki growth yang cepat. Produk Miniso juga menyesuaikan dengan kebutuhan market saat ini, terutama anak muda yang menginginkan barang branded, murah, dan berkualitas.

Lalu, menurut Teman Belajar @ezash juga, adanya berbagai partnership atau kerja sama yang cukup sering, juga membuat Miniso digemari banyak orang. Kerja sama itu sering dilakukan dengan brand-brand karakter kartun yang terkenal seperti We Bear Bears dan Marvel Comic yang memiloki banyak pasar potensial.

Nah, itu tadi ulasan singkat terkait Miniso nih, Teman Belajar. Seru, kan? Kamu juga bisa kulik ulasan-ulasan lain tentang Digital Marketing di artikel-artikel yang tersedia di website Belajarlagi.id dan Twitter @BelajarlagiHQ.

Kalau Teman Belajar tertarik untuk mengulik lebih dalam lagi tentang digital marketing, kamu bisa langsung daftarin diri kamu di kelas-kelas digital marketing yang tersedia saat ini di BelajarlagiHQ. Sampai berjumpa di kelas, Teman Belajar!