Apa Rahasia Scarlett Jadi Brand yang Cepat Dikenal di Usianya yang Baru Lima Tahun?

2 mins read
Creative
Marketing Theory

Hai, Teman Belajar! Bagi kamu yang juga seorang beauty enthusiast, pasti nggak asing dengan brand Scarlett, nih. Bisa dikatakan, Scarlett ini merupakan brand skincare "sejuta umat" di Indonesia, lantaran brand ini ramai banget digunakan oleh masyarakat kita.

Meski Scarlett terlihat biasa saja, brand ini justru memiliki pertumbuhan yang kenceng parah loh, Teman Belajar! Menurut laman Katadata, brand Scarlett memiliki market share sebanyak 18,9 persen.

Bahkan, angka ini bisa semakin tinggi ketika Scarlett berkolaborasi dengan aktor populer K-Drama, Song Joong Ki, tempo hari. Yhaa, sekarang siapa yang enggak kesengsem dengan Song Joong Ki, gitu..

Lalu, apa sih yang 3 hal yg bikin Scarlett cepat dikenal meski umurnya baru lima tahun? Yuk, Teman Belajar, kita bahas satu per satu!

1- Hyperlocal Influencer Marketing

Hal pertama yang bikin brand Scarlett sangat dikenal adalah karena penggunaan influencer secara masif. Terlebih, mereka lebih spesifik menggunakan micro influencer.

Menurut artikel Tokotown, strategi Scarlett yang menggandeng micro influencer itu termasuk strategi yang sangat pantas. Mereka pun memiliki engagement yang sangat baik. 

Baru-baru ini, Scarlett berkolaborasi dengan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) sebagai sponsor resmi. Kerja sama ini bisa dikatakan cukup berani ya, Teman Belajar. Hal ini mengingat PBSI mungkin membawa market yang sebenarnya bukan merupakan most potential market dari Scarlett. 

Meski begitu, langkah itu cukup baik bagi Scarlett. Setelah bekerja sama dengan PBSI, market share Scarlett justru semakin luas. Hal itu berdampak terhadap awareness dari brand Scarlett itu sendiri.

3- Expand Online Store 

Selain itu, brand kosmetik ini juga berfokus terhadap bagaimana cara agar konsumen mudah menemukan produknya. Buktinya, mereka pun membuka online store di berbagai marketplace.

Tak hanya itu, mereka juga menggunakan sistem reseller. Langkah itu ditujukan agar brand itu semakin menjangkau pasar di berbagai daerah.

Scarlett semakin dikenal oleh banyak orang dan pasar. Alasan lain yang membuat hal itu semakin terwujud adalah mereka sering viral di media sosial, yang kemudian membuat mereka memiliki talkability yang tinggi. Kalau menurut Teman Belajar, kira-kira apalagi nih alasan mereka bisa growth secepat ini?

Seru banget kan insight-nya, Teman Belajar? Nah, Teman Belajar bisa juga lho kulik insight-insight menariknlainnya tentang digital marketing di website belajarlagi.id dan Twitter @BelajarlagiHQ.

Bagi Teman Belajar yang ingin mendalami lebih lanjut ilmu tentang digital marketing, kamu bisa lho daftarkan diri kamu di kelas-kelas digital marketing yang tersedia di BelajarlagiHQ! Sampai jumpa!