9 Langkah Nulis High-Converting Copy

Marketing Theory
Copywriting
Sales

Langkah Nulis High-Converting Copy yang relate sama kebutuhan audiens

1. Determine the Objective

Identifikasi apa yg pengen dicapai dari tulisan/copy kamu. Contoh: ningkatin sales, awareness, atau ningkatin number of install, etc.

Copywriting harus bisa searah sama objective yg dituju.

2. Do Research

Kalo udah nemu objectivenya lanjut lakuin riset buat bisa memahami target audiens kamu. List yg perlu diriset:

- Likes

- Dislikes

- Fears

- Ambitions

- Pain points

- Goals

- Objections

3. Structure It

Bikin garis besar copy. Lalu pilih framework atau formula copywriting yang sesuai sama jenis copy kamu (ads, email, landing page).

Contoh framework/formula copywriting yg bisa kamu ikutin

4. Write

cara nulis high converting copy

Kalo kamu udah nentuin pake framework atau formula yang mana, langsung aja tulis apa yg ada di kepala as much as you can.

Ga perlu khawatir ttg bagus engganya, keren engganya bahasa yg dipake, yg penting sesuai sama objective dan tone of voice brand. Satu lagi, ga perlu pikirin editing & trimming, tulis aja dulu

5. Take a Break

4 step di atas jujur paling menguras energi dan pikiran, makanya perlu buat break dulu sejenak. Karena draft yg udah kamu bikin perlu dikalibrasi/diverifikasi.

Biar ga burn out, kamu bisa: Makan dulu, coffee break, jalan-jalan sebentar atau chit chat sama orang

6. Edit

Copy kamu udh bagus, tapi sekarang saatnya bikin supaya lebih keren. Caranya:

- pecah paragraf jadi kalimat

- simplify kata & kalimat

- pecah kalimat jadi kata

- hapus bagian yg ga diperluin

7. Proofread

Copy keren kamu udh jadi, sekarang saatnya buat cek error. Buat dapetin best result, lakuin 3 step ini sebanyak 3 kali:

- Grammar check, kalo copy kamu dlm Bahasa Inggris

- Minta tolong orang lain buat review

- Baca sendiri dan cek lagi

8. Publish

Sebelum kirim copy kamu, coba double check semuanya. Kalo udah oke, yap post it.

9. Test

Proses copywriting kamu ga berhenti saat di publish. Sekarang lanjut buat improve, caranya coba A/B testing elemen berbeda kaya headlines, subject lines, leads, body copy, offers, CTAs, angles, USPs dan Ide besarnya.

Dari situ kamu bisa liat apa aja yg works dan apa yg perlu ditingkatin.

Gimana? Apa kamu punya tips atau best practice lain pas nulis copy?

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.

Cookie preferences