Identifikasi apa yg pengen dicapai dari tulisan/copy kamu. Contoh: ningkatin sales, awareness, atau ningkatin number of install, etc.
Copywriting harus bisa searah sama objective yg dituju.
Kalo udah nemu objectivenya lanjut lakuin riset buat bisa memahami target audiens kamu. List yg perlu diriset:
- Likes
- Dislikes
- Fears
- Ambitions
- Pain points
- Goals
- Objections
Bikin garis besar copy. Lalu pilih framework atau formula copywriting yang sesuai sama jenis copy kamu (ads, email, landing page).
Contoh framework/formula copywriting yg bisa kamu ikutin
Kalo kamu udah nentuin pake framework atau formula yang mana, langsung aja tulis apa yg ada di kepala as much as you can.
Ga perlu khawatir ttg bagus engganya, keren engganya bahasa yg dipake, yg penting sesuai sama objective dan tone of voice brand. Satu lagi, ga perlu pikirin editing & trimming, tulis aja dulu
4 step di atas jujur paling menguras energi dan pikiran, makanya perlu buat break dulu sejenak. Karena draft yg udah kamu bikin perlu dikalibrasi/diverifikasi.
Biar ga burn out, kamu bisa: Makan dulu, coffee break, jalan-jalan sebentar atau chit chat sama orang
Copy kamu udh bagus, tapi sekarang saatnya bikin supaya lebih keren. Caranya:
- pecah paragraf jadi kalimat
- simplify kata & kalimat
- pecah kalimat jadi kata
- hapus bagian yg ga diperluin
Copy keren kamu udh jadi, sekarang saatnya buat cek error. Buat dapetin best result, lakuin 3 step ini sebanyak 3 kali:
- Grammar check, kalo copy kamu dlm Bahasa Inggris
- Minta tolong orang lain buat review
- Baca sendiri dan cek lagi
Sebelum kirim copy kamu, coba double check semuanya. Kalo udah oke, yap post it.
Proses copywriting kamu ga berhenti saat di publish. Sekarang lanjut buat improve, caranya coba A/B testing elemen berbeda kaya headlines, subject lines, leads, body copy, offers, CTAs, angles, USPs dan Ide besarnya.
Dari situ kamu bisa liat apa aja yg works dan apa yg perlu ditingkatin.
Gimana? Apa kamu punya tips atau best practice lain pas nulis copy?