Rekomendasi 18 Tools Google dan Berbagai Fungsinya, Wajib Disimak!

Berikut ini adalah rekomendasi tools Google yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Hampir semuanya disediakan gratis, lho. Yuk, simak!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Tools Google ada berbagai macam jenis serta memiliki berbagai fungsi yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari SEO, desain, iklan, bisnis, dan masih banyak lagi. Mulai dari dasar hingga tingkat lanjutan, kamu bisa menemukannya semua.

Karena banyaknya jenis tools Google, tak heran bila banyak pula yang belum tahu manfaat dari tiap tools dan cara menggunakannya.

Jangan sampai kamu ketinggalan informasi seputar tools Google berikut ini. Yuk, simak dan catat!

1. Google AdWords: Keyword Planner

Apakah kamu sedang mencari tools Google yang membantu menemukan dan menargetkan kata kunci terbaik untuk bisnis yang sedang kamu jalankan? Meskipun ada banyak pilihan, Google AdWords: Keyword Planner tetap menjadi salah satu tools terbaik untuk melakukan research mengenai kata kunci.

Ada banyak hal yang disukai dari tools Google gratisan satu ini, termasuk cara pengoperasiannya sangat mudah. Hanya saja, bagi pemula, diperlukan percobaan secara terus menerus agar dapat memahami cara kerja dari Google AdWords: Keyword Planner tersebut.

Semakin banyak percobaan dan penelusuran yang kamu coba, semakin kamu akan memahami cara kerja tools tersebut. Selain itu, beberapa penelusuran memberikan kamu gagasan yang lebih baik tentang kata kunci mana yang paling sesuai dengan situs yang kamu miliki.

2. Google Analytics

Google Analytics adalah alat analitik situs web yang sangat kuat yang memberikan wawasan berharga tentang kinerja situs web. 

Dengan Google Analytics, kamu dapat melacak berbagai metrik, seperti lalu lintas situs web, perilaku pengguna, tingkat konversi, dan performa halaman. 

Data yang diberikan oleh Google Analytics dapat membantu kamu memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web, mengidentifikasi halaman yang paling populer, dan mengukur efektivitas kampanye pemasaran online yang sedang kamu jalankan. 

Kamu dapat menggunakan informasi ini untuk mengoptimalkan strategi SEO, mengidentifikasi peluang pertumbuhan, dan meningkatkan kinerja situs web-mu di Google. Bagaimana? Banyak banget fungsi dari tools Google ini, bukan?

3. Google Search Console

Google Search Console adalah tools Google yang sangat penting untuk memantau dan mengoptimalkan kinerja situs web milikmu. 

Dengan Google Search Console, kamu dapat melacak bagaimana situs web ditampilkan dalam hasil pencarian Google, memeriksa indeks situs, dan mengidentifikasi masalah teknis yang dapat mempengaruhi peringkat situs.

Kamu juga dapat mengirim sitemap untuk membantu Google mengindeks konten situs web dengan lebih baik. 

Selain itu, Google Search Console juga memberikan informasi tentang kata kunci yang mengarahkan lalu lintas ke situs web milikmu, jumlah tautan yang mengarah ke situs tersebut, serta kesalahan crawling dan indeks yang perlu diperbaiki. 

Dengan memanfaatkan data yang diberikan oleh Google Search Console, kamu dapat mengoptimalkan situs web agar lebih SEO-friendly dan meningkatkan peringkat di hasil pencarian Google.

4.  Google Trends

Google Trends adalah tools Google yang membantumu memahami tren pencarian yang sedang naik atau turun dalam periode waktu tertentu. 

Adapun fitur dalam Google Trends adalah sebagai berikut: 

  • Home: Halaman untuk melihat ringkasan dari topik yang sedang ramai dicari oleh pengguna internet.
  • Explore: Halaman penelusuran untuk mengetahui secara lebih detail keyword yang sedang trending.
  • Trending Searches: Update harian dan real time tentang penelusuran paling populer.
  • Year In Search: Penelusuran paling populer dalam satu tahun terakhir seperti yang sudah dibahas di pembuka artikel ini.
  • Subscriptions: Halaman untuk membuat dan mengatur topik-topik yang ingin kamu ikuti.

Dengan Google Trends, kamu bisa mengetahui popularitas kata kunci sepanjang waktu, menemukan tren pencarian terkini, serta membandingkan performa kata kunci secara geografis. 

Informasi ini dapat membantumu dalam merencanakan strategi SEO yang berbasis pada tren pencarian yang sedang populer, menghasilkan konten yang relevan dengan tren saat ini, dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan lalu lintas organik yang lebih tinggi.

5. Google Tag Manager

Sesuai namanya, Google Tag Manager merupakan tools Google untuk marketer yang berguna untuk mengelola tag pada website. Dengan mengelola tag, kamu bisa mengetahui perilaku pengunjung website dengan lebih mudah.

Meskipun sekilas mirip dengan Google Analytics, Google Tag Manager memiliki beberapa kelebihan. Pertama, kamu bisa menggunakannya tanpa bantuan web developer. Kedua, kamu bisa menggunakannya bersama dengan tool lain seperti Google Analytics hingga Facebook Pixel.

Cara menggunakan Google Tag Manager juga tidaklah sulit. Setelah menginstalnya di website, kamu tinggal melanjutkan dengan membuat trigger dan mengaktifkan tag-nya.

6. Google My Business

Google My Business adalah tools Google untuk marketer yang digunakan untuk memudahkan konsumen mengetahui informasi bisnis milikmu.

Dengan Google My Business, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Mulai dari memudahkan konsumen menemukan bisnis. Selain itu, pelanggan bisa memberikan review atau ulasan mengenai bisnismu. Bahkan, bisa menjadi alat komunikasi dengan pelanggan.

Nah, untuk cara mendaftar di Google My Business juga sangatlah mudah. Pastikan kamu mengisi semua informasi mengenai bisnis, selanjutnya kamu hanya perlu verifikasi bisnis melalui email.

7. Google PageSpeed Insights

Kecepatan loading halaman adalah faktor penting dalam SEO. Google PageSpeed Insights adalah tools Google yang membantu kamu mengukur kecepatan loading halaman situs web dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkannya. 

Dengan Google PageSpeed Insights, kamu dapat mengetahui seberapa cepat halaman dimuat di desktop dan perangkat seluler, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan halaman, seperti ukuran gambar, caching, dan JavaScript. 

Kamu juga akan mendapatkan rekomendasi untuk memperbaiki halaman milikmu agar lebih cepat dimuat dan meningkatkan pengalaman pengguna. 

Dengan memperbaiki kecepatan loading halaman situs web sesuai rekomendasi dari Google PageSpeed Insights, kamu dapat meningkatkan peringkat SEO dan mengurangi tingkat pem-bounce pengunjung situs.

8. Google Adwords

Google AdWords (Google Ads) merupakan salah satu tools Google untuk mengiklankan produk di Google Search. Iklan akan ditampilkan sesuai dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis milikmu.

Tools ini memiliki banyak keuntungan untuk pemasaran digital. Pertama, iklan akan dilihat lebih banyak orang mengingat Google adalah search engine populer. Kedua, biaya yang dikeluarkan minim karena kamu hanya membayar jika audiens membuka iklan tersebut.

Untuk menggunakannya pun sangat mudah. Kamu cukup membuat akun Google Ads dan membuat campaign promosi. Selanjutnya, cukup ikuti panduan dari Google hingga selesai.

9. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah tools Google yang sangat berguna untuk melakukan riset kata kunci, yang merupakan langkah penting dalam strategi SEO bisnis milikmu. 

Dengan Google Keyword Planner, kamu dapat menemukan kata kunci yang relevan untuk situs web, mengetahui jumlah rata-rata pencarian bulanan untuk kata kunci tertentu, serta mengidentifikasi tingkat persaingan dan tawaran harga untuk kata kunci tersebut. 

Dengan informasi ini, kamu dapat mengoptimalkan konten dengan menggunakan kata kunci yang relevan dan memiliki potensi lalu lintas yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan visibilitas situs web di hasil pencarian Google.

10. Google Alerts

Google Alerts merupakan tools Google yang memungkinkan kamu untuk memantau konten baru di web yang berkaitan dengan kata kunci atau topik tertentu. 

Dengan Google Alerts, kamu dapat mengatur notifikasi untuk kata kunci atau topik yang relevan dengan bisnis, sehingga kamu dapat tetap update tentang tren terbaru, berita, atau konten yang relevan dengan niche. 

Apabila kamu memanfaatkan Google Alerts, kamu dapat menghasilkan ide konten yang segar dan relevan, serta mengikuti perubahan tren dalam industri untuk mengoptimalkan SEO konten di situs milikmu.

11. Google Optimize

Google Optimize adalah tools Google yang memungkinkan kamu untuk melakukan pengujian A/B dan personalisasi konten untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan hasil SEO. 

Dengan Google Optimize, kamu dapat membuat variasi konten berdasarkan hipotesis atau perubahan yang ingin kamu uji, dan menguji konten tersebut secara langsung kepada pengunjung situs web. 

Kamu dapat melihat data hasil pengujian untuk menentukan variasi konten mana yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil SEO dan mengoptimalkan situs web untuk mencapai tujuan bisnismu.

12. Google XML Sitemaps

Selanjutnya, ada tools Google yaitu Google XML yang merupakan plugin atau alat yang dapat membantumu dalam membuat sitemap XML untuk situs web. 

Sitemap XML adalah file yang berisi daftar URL halaman dalam situs web yang dapat membantu mesin pencari seperti Google untuk mengindeks halaman dengan lebih efisien. 

Dengan menggunakan Google XML Sitemaps, kamu dapat memastikan bahwa situs web diindeks secara lengkap oleh mesin pencari, serta memudahkan mesin pencari untuk mengakses dan memahami struktur situs web.

13. Google Optimize

Google Optimize adalah tools Goofle yang memungkinkan kamu untuk melakukan pengujian A/B dan personalisasi konten untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan hasil SEO. 

Dengan Google Optimize, kamu dapat membuat variasi konten berdasarkan hipotesis atau perubahan yang ingin diuji, dan menguji konten tersebut secara langsung kepada pengunjung situs web. 

Kamu dapat melihat data hasil pengujian untuk menentukan variasi konten mana yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil SEO dan mengoptimalkan situs web milikmu untuk mencapai tujuan bisnis.

14. Google Workbox

Dengan tagline, "Specially made for: Product Managers dan Engineers"‍ Workbox ini oke banget buat kamu yang ingin bikin PWA (Progressive Web App). Kenapa? 

Karena tools Google ini berisi guide langkah-langkah codelabs yang lengkap disertai contoh-contoh praktis yang super lengkap.

15. Google Insights for Search

Kamu juga bisa menggunakan Google Insights for Search, yang sekilas mirip dengan Google Trends. Tools Goofle ini menyediakan wawasan tren pencarian yang ada dalam mesin pencari raksasa tersebut.

Dalam jenis tools Google ini memberikan representasi data tren dari berbagai negara. Sehingga memungkinkan pebisnis untuk mengetahui tren tertentu di suatu wilayah dari berbagai kategori.

Tentu, hal ini akan memudahkanmu merumuskan strategi pemasaran dan developing produk yang potensial dengan kebutuhan target pasar.

16. Google AdWords Traffic Estimator

Selanjutnya adalah Google AdWords Traffic Estimator bisa membantu pebisnis untuk memperkirakan nilai kata kunci untuk suatu iklan.

Dengan begitu, pebisnis dapat mengetahui seberapa besar persaingan kata kunci yang ditargetkan tersebut, jumlah pencarian bulanan, serta berbagai keyword yang disarankan.

Jika hasilnya kurang memuaskan, kamu bisa memilih beberapa alternatif dengan mengklik kelompok kata kunci yang kamu inginkan. Data yang sama juga akan terpapar secara otomatis.

17. Google Data Studio

Analitik selalu menjadi tantangan bagi para digital marketer, namun, Google Data Studio memungkinkan kamu membuat visualisasi dan laporan data yang dapat disesuaikan. 

Selain itu, dengan tools Google ini kamu bahkan dapat berbagi laporan tersebut dengan klien dan ini bisa menjadi nilai tambah yang sangat besar terutama jika kamu sedang bekerja dalam tim. 

Google Data Studio adalah generasi baru alat visualisasi dan pelaporan data gratis. Data Studio memungkinkan kamu dengan mudah terhubung ke semua data dan mengubah data tersebut menjadi laporan yang menarik dan informatif yang dapat disesuaikan, sajikan, dan bagikan sepenuhnya.

18. Google Workspace

Sejak era pandemi Covid-19 bermula hingga saat ini, banyak terjadi perubahan pada dunia pekerjaan maupun pendidikan di seluruh dunia. Keadaan darurat mengharuskan kita untuk beradaptasi dalam bekerja dan belajar dari rumah. Hal ini tentu membuat kita membutuhkan suatu teknologi yang dapat menunjang remote working setiap harinya.

Selain harus memiliki device yang terhubung dengan internet, kita juga membutuhkan tools yang mempermudah kita dalam melakukan remote working. Salah satu tools Google yang paling banyak digunakan adalah Google Workspace. 

Ada banyak fitur yang ditawarkan tools Google satu ini. Mulai dari Gmail, Google Meet, Google Docs/Sheets/Slides, Google Drive, Google Calendar, Google Chat, dan Google Workspace Admin Console. Benar-benar all in one solution!

Penggunaan google tools untuk bisnis

Kesimpulan

Itu dia informasi lengkap seputar tools Google yang bisa kamu akses melalui situs Google atau mengunduhnya dari Appstore dan Playstore. 

Memang tidak mudah menggunakannya sebagai pemula, namun Google telah menyediakan penjelasan dan langkah penggunaan tiap tools tersebut di laman resminya. Kamu hanya perlu kunjungi di google.com/(nama tools Google yang ingin kamu cari tahu). Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.