10 Social Media Tools yang Bisa Digunakan untuk Bisnis

Social Media Tools adalah alat yang bisa membantu kamu mengelola bisnis, terutama di bidang marketing! Yuk, kenalan dengan 10 Social Media Tools di sini!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Saat kamu mulai membuka sebuah bisnis di dunia online, pasti yang akan sering dilakukan adalah membuat social media marketing campaign! Terutama untuk bisnis yang baru saja dirintis, pasti hal ini menjadi sangat melelahkan karena perlu membuat konten secara konsisten agar dapat menggaet banyak audiens.

Selain itu, pasti ada saja kesalahan yang dihadapi di awal-awal melakukan marketing, mulai dari sisi pengumpulan data, analisis, penjadwalan postingan, hingga kesalahan kecil lainnya yang berdampak besar pada bisnis. 

Untuk meminimalisir kesalahan dan membantu kamu melakukan social media marketing campaign, kamu bisa menyederhanakannya dengan menggunakan social media tools. Apa itu social media tools? Yuk, lihat penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Social Media Tools?

Social media tools adalah alat yang berfungsi untuk menyederhanakan kegiatan social media campaign, seperti mengumpulkan informasi tentang tren terbaru, membagikan konten di berbagai jejaring media sosial, melihat kinerja pesaing bisnis, atau melacak metrik untuk melihat kinerja bisnis yang sedang kamu jalani.

Media sosial yang bersifat dinamis adalah penyebab utama munculnya social media tools ini. Pada awalnya, bisnis hanya berfokus dengan konten yang menggambarkan brand, produk, atau jasa yang ditawarkan kepada audiens. 

Namun, semakin tingginya tingkat persaingan di media sosial akhirnya analisis dan evaluasi menjadi penting untuk dilakukan oleh setiap pebisnis. Nah, disinilah peran social media tools dibutuhkan.

Semakin ketatnya persaingan pasar digital akhirnya menimbulkan banyak social media tools dengan jenis tertentu. Pebisnis tentunya harus lebih selektif untuk memilih tools mana yang cocok dengan kebutuhan dan permasalahan bisnisnya. 

Parameter dalam Memilih Social Media Tools yang Tepat

Sebelum memilih tools yang tepat untuk bisnismu, coba untuk melihat beberapa kriteria yang bisa kamu pertimbangkan ini yuk!

  • Berguna untuk marketers dan bisnis

Saat staff marketing tidak memahami fungsi dari social media, maka marketing pun tidak akan berjalan dengan optimal. Social media tools ini akan membantu para marketers melakukan tugasnya! Untuk memberikan gambaran tentang penggunaan tools ini, kamu bisa menggunakan uji coba gratis sebelum membeli versi berbayar

  • Fitur yang ditawarkan

Setiap fitur yang dirancang di social media tools ini pastinya dirancang untuk melayani pebisnis dengan tujuan tertentu. Kamu bisa mencatat apa saja yang dibutuhkan dari social media tools dan cocokkan dengan beberapa platform yang ada. Pastikan fitur yang ada di platform tersebut sudah memenuhi kebutuhan bisnis kamu yah!

  • Time saving

Pilihlah social media tools yang responsif dan dapat memberi hasil cepat dalam waktu yang singkat. Penggunaan tools ini akan percuma jika platform yang kamu pilih masih membutuhkan waktu yang cukup lama saat bekerja. 

  • Customer support

Ketika kamu sedang memilih social media tools, pasti ada beberapa keraguan yang muncul. Pilihlah social media tools yang memiliki customer support yang cepat tanggap, agar masalah ini dapat teratasi. 

  • Harga 

Harga harus juga menjadi pertimbangan ketika kamu menentukan social media tools. Bandingkan terlebih dahulu tools berbeda dengan fitur yang sama. Bisa jadi platform lain memiliki harga yang lebih affordable.

Tipe Social Media Tools

Menurut kegunaannya, social media tools memiliki 9 tipe yang berbeda. Ada apa saja?

  • Media sharing networks, tools ini digunakan untuk membagikan foto, video, dan media lainnya.
  • Social networks, tools ini bisa menghubungkan penjual dan pembeli melalui social media.
  • Discussion Forums, tools yang bisa digunakan untuk berbagi berita dan juga ide.
  • Bookmarking and Content Curation Network, tools yang berguna untuk menemukan ulasan dan siapa saja yang menemukan brand.
  • Blogging and Publishing Networks, tools yang digunakan untuk mempublikasikan konten secara online.
  • Interest Based Networks, tools yang digunakan untuk bisnis belanja online.
  • Sharing Economy Networks, tools yang digunakan untuk memperdagangkan jasa dan barang.
  • Anonymous Social Networks, tools yang digunakan untuk komunikasi yang bersifat anonim.

Keuntungan Menggunakan Social Media Tools

Ketika kamu menggunakan social media tools untuk mengelola sebuah bisnis, kamu akan merasakan beberapa manfaat yang dapat meringankan pekerjaanmu. Apa saja?

  • Mudah menemukan target audiens yang tepat

Social media tools adalah mata dan telinga dalam sebuah industri, dengan menggunakan tools ini kamu akan mengetahui apa saja keyword yang digunakan, siapa audiens inti dari bisnis kamu, dan memahami minat mereka terhadap bisnis kamu dengan baik.

  • Menemukan high-traffic hours untuk sebuah bisnis

Menemukan high-traffic yang tepat bisa dibilang masalah yang paling umum di media sosial. Bagaimana cara kamu mengatur dan menemukan titik temu antara tanggal konten yang akan dipublish dan minat audiens? Hal ini bisa dibantu dengan menggunakan social media tools!

Tools ini akan memahami audiens mu secara spesifik dan bagaimana pola mereka online di media sosial. 

  • Menghasilkan banyak engagement untuk bisnis

Mempertahankan engagement yang tinggi adalah hal yang sulit dilakukan. Menggunakan media sosial dalam sebuah bisnis artinya mengajarkan kita untuk multitasking. Mulai dari menanggapi mention, memanfaat ren jadi sebuah konten, dan lainnya.

Social media tools bisa memudahkan kamu untuk dapat memantau semua jejaring media sosial hanya dalam satu dashboard!

  • Menggunakan analisis untuk mendapatkan keputusan marketing yang tepat

Metrik di media sosial adalah bukti nyata dari kinerja dan seberapa jauh bisnismu menjangkau audiens. Dengan social media tools, kamu hanya perlu mengukur apa saja yang penting bagi keberlangsungan bisnis mu dan untuk pembuatan laporan tentang pertumbuhan bisnis yang nantinya akan dibagikan ke tim internal mu.

  • Memanfaatkan ROI 

Mengukur seberapa besar hasil yang didapatkan dari penggunaan media sosial dapat membantu kamu mengetahui ROI  (Return of Investment) di media sosial mu. ROI adalah laporan kinerja yang menunjukkan bagaimana strategi yang kamu buat dapat membantu ketercapaian tujuan bisnismu.

Hasilnya itu, baik berupa kunjungan web atau penjualan . social media tools di sini bisa menjadi sangat penting sebagai pelacak prospek media sosial di dalam bisnismu.

Social Media yang Bisa Digunakan untuk Bisnis

Setelah mengetahui penjelasan mengenai social media tools di atas. Ini saatnya kamu mengetahui apa saja platform yang berperan sebagai social media tools dan bagaimana tools ini bekerja? 

1. Hootsuite 

contoh planner social media dari hootsuite.

Social media tools pertama yang bisa kamu gunakan adalah Hootsuite. Platform all in one ini bisa kamu gunakan untuk kebutuhan penjadwalan posting otomatis, memonitoring postingan yang sudah dibuat( terms, mention, dan percakapan yang relevan dengan bisnis), dan juga terhubung dengan media sosial. 

Selain itu, Hootsuite juga bisa digunakan untuk menganalisis media sosial. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk membuat laporan dan juga informasi tentang kinerja media sosial yang kamu gunakan untuk berbisnis.

Nah, platform ini akan mendorong campaign yang sudah kamu buat dan mempromosikan bisnis yang sedang berjalan. Ada hampir 20 jejaring media sosial yang bisa dikelola di sini, seperti Pinterest, Youtube, Twitter, Facebook, hingga Instagram.

Kalau kamu mau menggunakan social media tools Hootsuite, platform ini bakal kasih kamu uji coba gratis selama 30 hari pertama lho! Setelah itu, biaya per bulannya mulai dari $49.

2. Sprout Social 

Sprout Social adalah social media tools yang menyediakan jasa untuk memposting kegiatan bisnis kamu ke beberapa platform media sosial mereka. Bukan cuma itu, dengan menggunakan platform ini kamu juga akan dimudahkan dengan adanya fitur kotak masuk dari berbagai media sosial yang kau pakai. 

Tentu fitur ini bisa menghemat waktu dan menyederhanakan komunikasi kamu dengan pelanggan nantinya. 

Kelebihan dari platform ini adalah adanya  kemungkinan dalam satu dashboard bisa digunakan untuk mengelola pesan dan beberapa brand dalam satu waktu. Keren banget kan?

Di platform ini kamu bisa mendapatkan laporan mendetail tentang bagaimana perkembangan bisnis yang sedang dijalani dari berbagai jejaring media sosial yang kamu pakai. 

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan Sprout Social ini? Sama seperti platform sebelumnya, Sprout Social juga akan memberikan kamu uji coba gratis. Nah, paket standar dari platform ini adalah $89 namun harga ini bisa bertambah jika kamu menggunakan akun dan fitur yang lebih banyak dari kapasitas standar yah!

3. Falcon 

Falcon adalah social media tools yang dirancang untuk membantu kamu mengelola semua akun media sosial yang kamu pakai untuk berbisnis, hanya dalam satu platform ini. Beberapa fitur yang ada di platform ini antara lain, penjadwalan posting serentak secara otomatis. 

Maksudnya adalah jika kamu menggunakan tiga akun media sosial untuk memasarkan brand bisnismu, ketika kamu menggunakan platform ini untuk memposting bisnismu platform ini akan mengatur waktu yang optimal agar postingan tersebut akan keluar pada waktu yang sama di tiga media sosial yang kamu pakai.

Kelebihan lain dari platform ini adalah sudah terintegrasi dengan platform marketing lainnya, seperti HubSpot, Salesforce, dan juga Microsoft. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menargetkan audiens yang lebih luas untuk melihat konten yang kamu buat. Platform ini juga punya fitur yang pengeditan gambar pada postingan yang kamu sudah unggah dan fitur melacak tren untuk mengoptimalkan konten yang akan kamu buat nantinya. 

Biaya berlangganan platform Falcon ini berkisar $109 per bulan. Nah, untuk mencoba kamu juga bisa mengaktifkan uji coba gratis selama 14 hari!

4. Buzzsumo

contoh perkembangan konten yang dipantau melalui buzzsumo

Social media tools yang satu ini bisa menjadi ladang informasi untuk pembuatan konten bisnis yang sedang kamu garap! Platform Buzzsumo ini memainkan peran penting untuk membantu para pebisnis mengetahui topik atau keyword apa yang lebih baik ditulis terlebih dahulu dan kapan waktu yang tepat kamu harus membuatnya.

Di sini juga kamu bisa melihat bagaimana perkembangan konten yang sudah kamu unggah di berbagai jejaring media sosial yang berbeda. Nggak cuma itu, di Buzzsumo ini juga kamu bisa melihat bagaimana perbandingan perkembangan bisnis kamu dan pesaing, sehingga kamu bisa mengoptimalisasikan pembuatan konten..

Nah, untuk kamu yang tertarik menggunakan Buzzsumo ini, ada uji coba gratis yang bisa kamu pakai selama 10 hari. Setelah itu, langganan berbayar akan diterapkan dengan biaya $99 per bulan untuk 5 user! 

5. Later

Social media tools bernama Later ini dikembangkan untuk membantu pebisnis mengelola postingan di media sosial, namun hanya berfokus pada postingan visual saja. Nah, platform ini biasanya berfungsi dengan baik untuk beberapa jejaring sosial, seperti Instagram, Pinterest, dan beberapa media sosial lainnya. 

Di platform ini, kamu bisa menggunakan fitur drag-and-drop yang bisa membantu kamu mengatur dan menjadwalkan gambar mana yang akan kamu posting terlebih dahulu di media sosial bisnismu. Platform ini akan membuat bisnis kamu memposting konten secara konsisten dari waktu ke waktu. 

Selain itu, platform ini juga akan membantu kamu untuk membuat library images and videos agar bisa digunakan di beberapa platform lain sesuai dengan platform yang sudah kamu sambungkan sebelumnya. Ada juga fitur suggestion hastag yang bisa bikin konten kamu lebih dikenal oleh khalayak luas. 

Nah, untuk mencoba platform ini, kamu bisa menggunakan uji coba gratis di beberapa hari pertama. Setelah itu, Later mematok harga $8 untuk langganan berbayar per bulannya. Harga ini juga bisa berubah sesuai dengan fitur yang kamu pakai!

6. Buffer

Salah satu social media tools yang bisa kamu gunakan untuk membantu bisnismu adalah Buffer. Platform ini biasanya digunakan untuk membantu pebisnis yang menggunakan jejaring media sosial Facebook, LinkedIn,Instagram, dan Twitter untuk mengelola postingan konten bisnisnya.

Contohnya, ketika sebuah tim marketing ingin mengunggah konten di media sosial, setelah ada review kualitas, konten pun akan diunggah. Kemudian Buffer akan bekerja dengan membagi postingan tim marketing menggunakan jadwal yang sudah ditetapkan, sehingga konten pun tidak akan terunggah di waktu yang bersamaan dan tumpang tindih.

Bukan cuma itu, platform ini juga bisa kamu gunakan untuk membantu kamu menganalisis kinerja media sosial dan terlibat langsung dengan audiens. 

Di Buffer ini, kamu bisa dapet paket basic publishing tools secara gratis lho! Nah, langganan berbayarnya sendiri seharga $5 perbulan utnuk satu media sosial. Selain itu, ada juga uji coba gratis selama 14 hari untuk kamu yang mau mengenal fitur Buffer terlebih dulu.

7. Social Bee

Ketika membuat konten untuk bisnismu, mengatur waktu unggahannya adalah hal yang penting untuk dilakukan. Bisnis yang bergerak di media sosial harus secara konsisten memposting konten agar brandnya awarenessnya terus meningkat. Salah satu social media tools yang bisa kamu gunakan untuk ini adalah Social Bee.

Platform ini akan membantu kamu memposting berbagai konten secara sistematis. Fitur yang tersedia di platform ini, antara lain penjadwalan konten, pengeditan konten setelah diunggah, kolaborasi, dan analisis kinerja konten yang sudah kamu buat. 

8. Zapier 

Zapier adalah social media tools yang dapat menyatukan ribuan aplikasi berbeda agar bisa ditautkan (linked). Di media sosial bisnismu, akmu bisa menyatukan beberapa jejaring media sosial lain yang relevan, setelah itu buatlah ‘zaps’ atau ‘automatic actions’ untuk memberikan respon. Kamu bisa menentukan situasi apa yang dapat memicu pelanggan mendapatkan pesan yang sudah disediakan. Kamu juga bisa menentukan respon otomatis apa yang akan diberikan setelahnya. 

Biaya untuk menggunakan social media tools yang satu ini adalah sebesar $v19,99 per bulan untuk sebanyak 750 tasks. Kamu juga bisa melakukan uji coba gratis untuk mengenal berbagai fitur canggih di platform ini!

9. Mention 

Mention adalah salah satu platform yang bisa berguna untuk membantu kamu melacak mentions sebuah brand dan membantu menghasilkan laporan tentang kinerja dari media sosial yang digunakan. Platform ini juga menawarkan berbagai data dari media sosal yang bisa memungkingkan kamu menganalisis berbagai postingan yang sudah kamu buat.

Selain itu, ada juga fitur compare and filter features yang bisa memberikan kamu informasi mengenai pelanggan dan juga para pesaing bisnis. 

10. Unbox Social

Unbox Social adalah salah satu platform yang bisa kamu gunakan untuk monitoring bisnis secara keseluruhan. Nggak cuma memantau bagaimana respon audiens di postingan konten, seperti like dan komentar. Kamu juga bisa menganalisis para pesaing, basis audiens, dan juga influencer marketing. 

Unbox Social ini melayani semua jejaring media sosial, termasuk media sosial terkenal, seperti Twitter, Facebook, Instagram, hingga YouTube. 

Beberapa social media tools yang disebutkan diatas tentunya bisa membantu kamu untuk mengelola akun bisnis di berbagai media sosial tanpa harus membuka media sosial tersebut. Mulai dari membuat strategi pemasaran di media sosial, hingga menjadwalkan postingan, beberapa platform social media tools di atas bisa kamu andalkan!

Pastikan kamu menimbang lagi kebutuhan bisnis dengan beberapa fitur yang ditawarkan di setiap platform!

Referensi:

https://www.zoho.com/social/social-media-tool.html

https://blog.hootsuite.com/types-of-social-media/

https://unmetric.com/resources/social-media-tools

https://www.upwork.com/resources/best-social-media-tools#15-best-tools

https://www.unboxsocial.com/blog/social-media-tools-for-business/ 

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.